MANUSIA DAN PENDERITAAN



A.      Pegertian Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra {artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.Penderitaan itu dapat lahir atau batin atau lahir batin.Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia.Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan.
Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan “risiko” hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dariNya.
Baik dalam Al Quran maupun Kitab Suci agama lain banyak surat dan ayat yang menguraikan tentang penderitaan yang dialami oleh manusia atau berisi peringatan bagi manusia akan adanya penderitaan. Tetapi umunya manusia kurang memperhatikan peringatan tersebut, sehingga manusia mengalami penderitaan.Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan. Banyaknya macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia. Bagaimana manusia menghadapi penderitaan dalam hidupnya? Penderitaan fisik yang dialami manusia tentulah diatasi secara medis untuk mengurangi . atau menyembuhkannya. Sedangkan penderitaan psikis, penyembuhannya.
 
B.      Siksaan 
Merupakan siksaan badan atau jasmani dan dapat juga sebagai siksaan jiwa atau rohani.Akibat siksaan yang di alami seseorang timbulah penderitaan.Siksaan yang sifatnya Psikis misalnya kebimbangan,kesepian dan ketakutan.
C.      Kekalutan Mental
Merupakan gangguan jiwa akibat ketidakmampuan seseorang menghadapai persoalan yang harus di atasi sehingga yang bersangkutan bertindak secara kurang wajar .Sebab-sabab ketakutan mental antara lain sabagai beriku :kepribadian yang lemah,terjadinya konflik sosial budaya dan cara pematangan batin.
D.     Penderitaan dan Perjuangan
Penderitaan adalah bagian kehidupan manusai yang bersifat kodrati.Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup dengan cara berjuang menghadapi dan melawan tantangan hidup dalam alam lingkangan masyarakat sekitar,dengan waspada dan disertai doa kepada Tuhan supaya terhindar dari bahaya dan malapetaka
E.      Penderitaan, Media Masa dan Seniman.
Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadinya penderitaan di itu lebih besar .Hal ini telah di buktikan oleh kamajuan teknologi dan sebagainya menyejahterakan manusia dan sabagian lainnya membuat manusia menderita.Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusai secara cepat kepada masyarakat.Tetapi tidak kalah pentingnya komuniksai yang di lakukan para seniman melalui karya seni,sehingga para pembaca ,penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.
F.       Penderitaan dan Sebab-Sebabnya
Apabila di kelompokan,maka penderitaan manusia dapat di perinci sebagai berikut :
Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia dan Penderitaan yang timbul karena penyakit,siksaan atau azab Tuhan.
G.     Pengaruh Penderitaan
Orang yang mengalamai penderitaan akan memperoleh pengeruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya yaitu sikap positif an sikap negatif.Apabila sikap Positif dan sikap negatif di kominikasikan oleh para seniman kepada para pembaca,penonton  maka akan memberikan penilaian , berupa penilaian untuk mengadakan perubahan nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat dengan tujuan perbaikan keadaan.

 #. STUDI KASUS



Penderitaan, media masa dan seniman adalah 3 hal yang tidak bisa dipisahkan. Penderitaan hampir merata di permukaan bumi ini, banyak kasus – kasus penderitaan seperti kelaparan, kemiskinan, dll. Semua informasi itu bisa kita peroleh dengan sangat mudah seiring kemajuan zaman dan pengaruh globalisasi melalui media masa, baik itu media cetak maupun media elektronik.

Media cetak seperti Koran, majalah, dan lain lain selalu menyajikan informasi – informasi terbaru setiap harinya. Media elektronik pun demikian, seiring berkembangnya teknologi yang memudahkan kita untuk menggali informasi sebanyak – banyaknya bukan hanya melalui siaran radio dan televisi tapi kini kita bisa mengakses informasi melalui internet, dll. Kehadiran smartphone dan gadget – gadget canggih lainnya yang berbasis sitem operasi android dan ios pun turut menunjang kinerja media elektronik untuk menyampaikan informasi terbaru.

Seniman, mereka lah yang dapat menggambarkan suasana hati dalam bentuk apapun, baik itu dalam visual maupun audio. Visual seperti lukisan, wayang, dll. Sedangkan dalam audio mereka dapat menuangkannya kedalam lirik lagu, puisi, dan lain lain. Tapi terkadang hasil karya mereka dapat menimbulkan suatu kontroversi bahkan propaganda karena hasil karyanya tidak bisa diterima oleh masyarakat yang menilainya karena adanya perbedaan pendapat dll.

Kelaparan adalah salah satu penderitaan global yang hampir ada di setiap sudut – sudut Negara. Bukan hanya di Negara – Negara yang tertinggal atau di dataran Afrika, tapi di Negara – Negara besar dan super power pun masih dapat kita temukan orang orang yang kelaparan, baik itu gelandangan, pengemis, dll.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa benua Afrika adalah benua yang memiliki tingkat kelaparan paling besar di dunia. Penderita gizi buruk dan busung lapar sudah menjadi pemandangan yang tidak asing disana. Tidak ada makanan dan tidak ada air, yang ada hanyalah tanah yang tandus dan gersang. Tanah pun mereka makan untuk mengganjal perut mereka tanpa memperdulikan higientias seperti orang – orang pada umumnya. Tubuh mulai kurus dan perut kian membuncit, itulah mereka yang hidup dalam penderitaan akibat kelaparan yang hingga kini tidak ada solusinya. Hanya segelintir orang yang berhati mulia yang mau menolong mereka dengan cara menjadi sukarelawan atau hanya sekedar menyumbang uang kepada penyalur, dsb.

Mari kita tengok Negara kita tercinta ini, disebelah timur Indonesia hampir mengalami nasib yang sama dengan saudara – saudara kita di Afrika. Padahal Negara kita dikenal sebagai Negara yang sangat kaya, seperti yang dituliskan dalam suatu lirik lagu “ orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman “. Tapi nyatanya tidak semua daerah bisa mengolah sumber daya alamnya dengan baik, bahkan kini pihak asinglah yang mengelola sumber daya alam kita.

Suatu kesalahan besar bangsa ini mempersilahkan orang asing mengolah sumber daya kita karena ketidak mampuan kita untuk mengolahnya, lalu mereka membawa hasil bumi kita ke negaranya dengan harga yang murah dan dijual dengan harga yang setinggi – tingginya, sedangkan kita bisa lihat apa yang kita dapatkan dari hasil kerjasama ini ? tidak ada. Yang ada hanyalah sumber daya alam yang terus menipis dan kita menjual hasil bumi kita sendiri dengan harga yang mahal di negeri sendiri, bukankah itu bodoh ? yang kita butuhkan hanyalah seorang pemimpin yang dapat mengambil langkah tegas untuk mengubah Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan tidak bergantung kepada bangsa lain yang sebenarnya menipu kita.

Selanjutnya adalah media masa, mereka yang paling berjasa dalam memberikan informasi kepada semua orang. Tiap detik di hidup kita pasti ada banyak peristiwa yang terjadi di sekeliling kita, dan media masa akan berusaha menginformasikan peristiwa tersebut kepada kita.

Mulai dari radio, televisi, hingga internet, mereka siap memberikan informasi – informasi terbaru khususnya internet yang kini sudah tidak diragukan lagi kehadirannya. Hanya dengan mengakses salah satu situs mesin pencari dan memasukan kata kunci yang akan kita cari, maka dengan mudahnya kita mendapatkan informasi yang kita cari berkat adanya internet.

Dampak penggunaan internet sendiri pun beragam, ada yang positif ada juga yang negatif. Semua itu tergantung kepada para pengguna, bagaimana kita menyikapinya. Dampak positifnya adalah kita dapat memperoleh informasi lebih mudah dan cepat daripada harus mencari sumber dari buku ataupun narasumber yang akan diwawancara. Namun ada juga dampak negatifnya, dikarenakan bebasnya akses dan kurangnya keamanan, maka internet pun sering kali disalah gunakan. Misalanya untuk mengakses situs – situs pornografi, bahkan anak kecil pun kini sudah bisa mengakses situs – situs tersebut karena kurangnya keamanan dan kurangnya perhatian dari orang tuanya.

Seniman, kini orang hanya tahu kalau seniman itu hanya sekedar penyanyi yang tampil di tv. Itu bukan seniman sesungguhnya. Pelukis, dalang, penyair, mereka adalah seniman yang mampu menuangkan apa yg ada disekelilingnya menjadi sebuah karya seni, entah itu lukisan, sajak atau puisi, cerita wayang, lirik lagu, dll.


 


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar