MANUSIA DAN KEINDAHAN



A.      Keindahan
Keindahan berasal dari kata Indah,artinya bagus,permai,cantik,elok,molek dan sebagainya.
Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni,pemandangan alam,manusia,rumah,tatanan,perabot rumah tangga,suara warna dan sebagainya.Kawasan keindahan bagi manusia sangatlah luas.
Keindahan adalah identik dengan kebenaran,keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan.Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi,dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah.
Keindahan juga bersifat universal,artinya tidak terikat oleh selera perseorang,waktu dan tempat,selera mode,kedaerahan atau lokal.

1. Apakah Keindahan Itu?
Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat di nikmati karena tidak jelas,keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya .Keindahan hanya sebuah konsep,yang baru berkominikasi setelah mempunyai bentuk,misalnya lukisan,pemandangan,alam,tubuh yang yang molek,film dan nyanyian.Menurut The Liang Gie dalam bukunya “Garis Besar Estetika”.Menurut asal katanya dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dalam kata “ Beautiful” dalam bahasa Perancis “Beau”,sedang Italia dan Spanyol “Bello” berasal dari kata Latin “Bellum”.Akar katanya adalah “Bonum” yang berarti kebaikan,kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “Bonellum” dan terakhir diperpendek sehingga ditulis “Bellum”.
Keindahan menurut luasnya pengertian,yaitu :
a.       Keindahan dalam arti yang luas
Merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan.
Pengertian Keindahan yang seluas-luasnya meliputi :keindahan seni,keindahan alam,keindahan moral,keindahan intelektual
b.      Keindahan dalam arti estetis murni
c. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan pengelihatan.

2.  Nilai Estetika
Menurut The Liang Gie keindahan di anggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral,nilai ekonomik,nilai pendidikan dan sebagainya.Nilai dan berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut Nilai Estetika.


3.  Kontemplasi dan Ekstansi
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah,sedangkan Ekstansi merupakan dasar dalam diri manusia untuk merasakan,menyatakan,dan menikmati sesutau yang indah.
Sehingga Keindahan yang didasarkan pada selera seni didasarkan pada  faktor Kontemplasi dan Ekstansi.


4.  Apa Sebab Manusia Menciptakan Keindahan
Berikut sebab ataupun alasan serta tujuan manusia menciptakan keindahan :
Tata nilai yang telah usang,kemerosotan zaman,penderitaan manusia dan keagungan Tuhan.


5.  Keindahan Menurut Pandangan Romantik
Menurut Penyair Romantik John Keats ( 1795-1821) mengatakan bahwa sesuatu yang indah adalah keriangan selama-lamanya,kemolkannya bertambah dan tidak pernah berlalu ke ketiadaan.


6.  Renungan
Merukapan diam-diam memikirkan sesuatu atau memikirkan sesuatu yang dalam,renungan adalah hasil merenung yang memiliki teori-teori seperti : teori pengungkapan,Metafisik dan psikologik.


7.  Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok,kena benar dan sesuai benar yang mangandung unsur perpaduan,pertentangan,ukuran dan seimbang.Dalam kaitannya dengan keserasian dibagi menjadi dua teori yaitu : Teori obyektif dan teori subyektif kemudia teori perimbangan.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar