PENULISAN 6 TEORI ORGANISASI UMUM #2

OPERATION SYSTEM 

Sistem Operasi Beserta Kekurangan dan Kelebihannya 

System Operasi atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa jenis Sistem Operasi berikut kelebihan dan kekurangannya.


1.  DOS 

Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd. 

Kelebihan : 
  1. Pengoperasiannya mudah;  
  2. Space (ruang yang bebas dalam hardisk) yang dibutuhkan DOS tidak terlelu besar;  
  3. Tidak memerlukan memori yang besar;  
  4. Kompatibel pada hamper semua jenis software dan hardware. 
Kelemahan : 
  1. Mode operasinya dalam teks;  
  2. Tidak kompatibel pada beberapa program yang beroperasi dalam mode grafis.

2LINUX

     Keunggulan Linux
  1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. 
  2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows. 
  3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux. 
  4. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux.  
  5. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. 
  6. Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.
Kekurangan Linux
  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.dengan Linux. 
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org. 
  3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux,
  4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

           3. WINDOWS
             
           Kelebihan Windows

  1. Masih yang paling user friendly penggunaannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, karna memang selama ini kita memang di ajari bagaimana menggunakan windows. dan banyak sekali lembaga lembaga pendidikan yang mengajarkan materi komputer dengan menggunakan sistem operasi ini.
  2. Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain.
           Kekurangan Windows

  1. Masih sering kita dengan keluhan tentang banyaknya virus yang sering menyerang sistem operasi ini. Meski sering adaperbaikan dari pihak pengembangnya, tetap saja tidak bisa meminimalisasi gelombang serangan virus. 
  2. Komunitas terlalu sedikit, karna memang dia bersifat closed-source.
4. MAC OS

Kelebihan Mac Os
  1. Mac OS Tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya. 
  2. High Performance. Khususnya pada Mac OS X - dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac - dengan kecepatan yang menakjubkan. 
  3. User-friendly. Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.

Kekurangan Mac Os
  1. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS. 
  2. Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows. 
  3. Biayanya Mahal. 
  4. Hanya berguna untuk graphic designer. 
  5. Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan. 
  6. Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus. 
   5. Android
 Kelebihan Android
  1. Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan. 
  2. Akses mudah ke Android market.
  3.  Sistem Operasi Merakyat. 
  4. Mudah dalam hal notifikasi sistem ini akan memberitahukan anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. 
  5. Mendukung semua layanan google. 
  6. Install ROM modifikasi

       Kekurangan Android
  1. Terhubung dengan internet. 
  2. Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi. 
  3. Android market kurang kontrol dari pengelola. 
  4. Boros baterai.
   6. UNIX
Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-userBSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
Data Solaris 7 (Unix) berikut beserta keuntungan dan kelemahannya.

Keuntungan :

Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.

Kelemahan :

Harga sistem operasi komersial yang mahal. Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial.Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial. Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya. Sedikit software untuk kantor.

 7. iOS
iOS adalah sistem operasi pada produk yang diciptakan oleh perusahaan Apple. Awalnya hanya diciptakan untuk iPhone, namun kini berkembang digunakan oleh perangkat lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan Apple TV.

Kelebihan dari OS iOS: 
  1. Sulit terserang virus 
  2. User friendly 
  3. Tampilannya menarik 
  4. Tersedia aplikasi yang bagus 
  5. Ukuran memori internal cukup besar 
  6. Multitasking 
  7. Navigasi mudah 
  8. Mendukung GPS

Kelemahan dari OS iOS:
  1.  Harga relatif mahal 
  2. Memori tidak dapat ditambah sesuai keinginan 
  3. Tampilan tidak dapat diubah 
  4. Kualitas suara speaker output kecil 
  5. Standar aplikasi pengembang sangat ketat 
  6. Tidak support flash (Safari Mobile)

8. Novell Operating Sistem 

Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa. 

Kelebihan : 
  1.  Sebagai software jaringan;
  2.  Kecepatan komunikasi antar PC dalam sebuah LAN (Local Area Network);  
  3. Manajemen jaringannya mudah; 
  4. Perangkat besar (space disk, memori) hanya pada computer yang digunakan sebagai server. 
Kelemahan
  1. Berbasis DOS sehingga mode operasinya tidak grafis. 


9. SOLARIS

Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut :

  1. Free Redistribution : Didistribusi secara bebas. 
  2. Source Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi. 
  3. Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan kembali. 
  4. No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan.
Beberapa kelebihan OpenSolaris dibandingkan dengan Sistem Operasi lain :
  1. ZFS : System Rstore. 
  2. DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama. 
  3. Manajemen Kegagalan : Mencegah, mendiagnosa dan memperbaiki error. 
  4. Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa    .  aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama.
10 . PALM OS

Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.

Kelebihan :
Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik. 

Kekurangan :
Tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori.

11.  Apple Machintos:

System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versi Mac OS 8, Mac OS 8.1, Mac OS 8.6, Mac OS 9, Mac OS X, Mac OS X Kodiak , Mac OS X Cheetah , Mac OS X Puma , Mac OS X Jaguar, Mac OS X Panther , Mac OS X Tiger, Mac OS X Leopard, Mac OS X Snow Leopard

Kelebihan:

  1. Rentan terhadap virus 
  2. Lebih cepat dan tidak cepat hang
  3. Lebih nyaman digunakan 
  4. User friendly 
  5. High performance.

Kekurangan:
  1. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena apple tidak memeberikan lisensi 
  2. Software tidak terlalu lengkap.
 
12. Symbian

Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone.

Kelebihan :

Mudah dalam dimasukkan game atau aplikasi apa saja (Format jar. dan sis.)

Kekurangan :
  1. Karena memiliki sistem operasi terbuka, handphone jenis ini sangat rentan terhadap serangan virus seperti Cabir, Commwarrior, SymbOS.skulls. dan masih banyak lagi.
  2. Handphone dengan sistem ini gampang Hang, atau lambat dalam membuka gallery, lagu, serta pesan singkat(SMS)


Refrensi:

  1. hermanto.blog.ugm.ac.id 
  2. aripcupid.blog.ugm.ac.id 
  3. matslawliet.wordpress.com
  4. http://sekadar-saja.blogspot.co.id/2012/09/sistem-operasi-beserta-kekurangan-dan.html
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar